APA ITU MARKET?
Istilah marketing berasal dari kata "market". Market, atau pasar dalam bahasa Indonesia, adalah sebuah tempat bertemu nya penjual dan pembeli serta tempat terjadinya pertukaran benda dengan nilai tukar lain yang sebanding. Market juga bisa diartikan sebagai sekelompok customer atau pembeli yang memiliki kesamaan akan kebutuhan suatu barang atau jasa, dan memiliki keinginan untuk menukar sesuatu yang memiliki nilai dengan para penjual yang menawarkan berbagai macam jenis barang atau jasa dan bertujuan untuk memenuhi serta memuaskan kebutuhan.
Lalu apa itu Marketing?
WHAT'S IT ALL ABOUT?
Ketika ditanya "apa itu marketing?", kebanyakan orang atau instansi serta organisasi menjawab bahwa marketing itu adalah "Menjual atau Mengiklankan" (Selling or Advertising). Apakah jawaban itu salah? Tidak, menjual serta mengiklankan memang terdapat dalam marketing. TETAPI marketing lebih dari sekedar menjual dan mengiklankan. Marketing is more than Selling or Advertising.
Marketing merupakan sebuah proses besar dimana menciptakan barang serta menawarkan jasa termasuk di dalamnya. Marketing mempunyai peranan penting dalam menawarkan barang dan jasa yang memuaskan pada para pelanggan. Jadi secara umum marketing berperan untuk "Menciptakan rasa puas pada para pelanggan".
"Kepuasan Pelanggan" dapat dicapai ketika sebuah perusahaan dapat memenuhi keinginan, kebutuhan, serta harapan para pelanggan.
Jadi marketing adalah sebuah proses penyusunan komunikasi yang bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada konsumen, dan berperan untuk memenuhi kepuasan pelanggan.
Apakah Marketing berkaitan dengan proses produksi?
BAGAIMANA KETERKAITAN MARKETING DENGAN PROSES PRODUKSI
Ada sebuah contoh kasus. Sebuah perusahaan yang menjual sepeda. Ketika mereka menjual dagangan mereka, konsumen-konsumen yang tertarik tentu akan membelinya. Tetapi sebenarnya tidak hanya itu. Perusahaan itu tidak bisa hanya sekedar menjual produk mereka, karena para konsumen pun tidak hanya sekedar ingin mempunyai sepeda. Perusahaan itu harus mengupayakan bagaimana memuaskan kebutuhan pelanggan. Caranya dengan membuat model-model sepeda baru serta men-set harga yang disesuaikan untuk masing-masing target pemasaran, dan memasarkannya. Saat itu lah para pelanggan akan merasa puas.
Jadi, proses produksi dengan menggunakan marketing di dalamnya pasti akan menjual lebih banyak barang dan jasa.
Selain itu marketing dan produksi memiliki 5 macam fungsi ekonomi, yaitu:
1. fungsi bentuk
2. fungsi tugas/pekerjaan
3. fungsi waktu
4. fungsi tempat
5. fungsi milik/kepunyaan
Kelima fungsi ini lah yang akan menyuguhkan kepuasan pada pelanggan. "Utility means the power to satisfy human needs".
Apa kegunaan mempelajari marketing?
MARKETING IS IMPORTANT TO YOU AND YOUR JOB
Ada beberapa alasan penting mengapa kita harus belajar marketing.
1. Marketing berpengaruh pada hampir setiap aspek kehidupan sehari-hari.
2. (Sebagai konsumen) Sadar atau tidak kita mau membayar harga sebuah produk berkat aktivitas marketing.
3. Banyak lowongan pekerjaan yang menarik dan menjanjikan.
4. Dan alasan paling dasar adalah, marketing berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi dan pembangunan.
MIKRO DAN MAKRO MARKETING
Di awal kita telah membahas, kebanyakan orang berpendapat bahwa marketing itu adalah "Menjual dan Mengiklankan". Menurut William D. Perreault, Jr. dan E. Jerome McCarthy, marketing adalah "Creation and delivery of a standard of living". Lalu manakah dari kedua pernyataan itu yang benar?
Tidak ada yang salah dengan keduanya.
"Menjual dan Mengiklankan" masuk dalam definisi marketing mikro/mikro marketing. Mikro marketing fokus pada aktivitas yang dilakukan organisasi individu. Mikro marketing dilihat dari pelanggan dan organisai atau perusahaan yang melayaninya.
"Creation and delivery of a standard of living" masuk dalam definisi marketing makro/makro marketing. Makro marketing fokus pada kesejahteraan ekonomi seluruh masyarakat. Makro marketing mengambil pandangan luas dari keseluruhan sistem produksi-distribusi.
Source:
Perreault, Jr., William D., and E. Jerome McCarthy. Basic Marketing, a Global Managerial Approach. 2002
Fadiah Syarafina - Desain Grafis 3B - Politeknik Negeri Jakarta
0 komentar:
Posting Komentar