-
Papercraft "Peoples"
Papercraft untuk orang-orang yang kita sayang seperti teman, sahabat, saudara, guru, dan orang tua. Wajah dan pakaian bisa dicustomize sesuai karakter. Papercraft by Papermint
-
Papercraft "Couples"
Papercraft untuk mengabadikan momen berharga bersama pasangan. Berikan sesuatu yang unik dan tak terlupakan. Papercraft by Papermint
-
Papercraft "Cartoon"
Papercraft untuk mengabadikan tokoh kartun atau anime kesukaan kamu, sahabat, ataupun pacar kamu. Papercraft by Papermint
-
Papercraft for Wedding Souvenir
Papercraft untuk souvenir pernikahan. Unik, Memorable, dan pastinya Kamu Banget. Wajah dan pakaian pengantin bisa dicustomize sesuai karakter kamu. Papercraft by Papermint
-
Sketsa Wajah
Sketsa wajah yang dapat mengabadikan momen berharga kamu dengan teman, sahabat, pacar ataupun keluarga. Unik? Tentu dong, dari pada hanya sekedar dengan foto. Ayo lihat wajah kamu dan orang yang kamu sayang dalam bentuk gambar pensil.
-
Karikatur dan Siluet
Karikatur dan Siluet yang dapat mengabadikan momen berharga kamu dengan teman, sahabat, pacar ataupun keluarga kamu. Unik pastinya, dari pada hanya sekedar dengan foto kan? Ayo lihat wajah kamu dan orang yang kamu sayang dalam bentuk karikatur dan siluet.
Kamis, 05 Desember 2013
Senin, 02 Desember 2013
Brand Extension
Brand: Bagian dari Marketing Mix
Brand Extension dan Line Extension
Nama-Nama Besar dengan Strategi Brand Extension yang Sukses
Persepsi dari Brand Induk
Nilai Kreasi dari Ekstensi Produk
Brand Equity
Apa itu Brand Equity?
Apa yang Membuat Respon Positif ini Terjadi?
Mengelola Elemen-Elemen Branding Anda untuk Menciptakan Brand Equity yang Tinggi
- Nama Brand
- Slogan
- Logo
- Simbol/Gambar
- Pesan Pemasaran
- Pasar yang Dilayani
Relevan, Jelas, Citra Brand yang Unik - Ini Adalah Apa yang Anda Inginkan!
Brand Equity - Seberapa Baik dan Apa yang Diketahui tentang Brand Anda
Brand Awareness
Apa itu Brand Awareness?
Perencanaan Brand Awareness
- Mengidentifikasi dan memahami target konsumen anda.
- Membuat nama perusahaan, logo dan slogan.
- Menambahkan nilai melalui kemasan, lokasi, layanan, acara khusus (event), dll.
- Advertising.
- Manajemen hubungan dengan pelanggan.
Kenapa Brand Awareness Penting?
Beberapa Tantangan yang Mungkin Akan Anda Hadapi
- Apakah konsumen tau kalau anda (bisnis anda) itu ada?
- Apakah produk anda lebih baik dibanding dengan produk kompetitor anda?
- Mengapa membayar lebih untuk produk anda dan bukan dari alternatif lain yang lebih murah?
Cara Memulai Membuat Brand Awareness
- Pesan yang anda sampaikan dalam brand anda haruslah konsisten. Anda berharap kesan yang anda ciptakan tersampaikan kepada konsumen? Kalau begitu anda harus konsisten dalam meyampaikannya di berbagai media, situasi dan promosi.
- Gambar yang anda tampilkan juga harus konsisten dalam rangka meningkatkan brand awareness. Konsistensi dalam penggunaan gambar dapat memaksimalkan pengakuan dan kesan positif. Contohnya dalam bisnis anda, sebaiknya anda menampilkan logo dan ciri khas anda pada setiap material. Seperti di produknya, etalase, packaging, plastik pembungkus, kwitansi dan material lainnya.
- Slogan dan Tagline juga harus konsisten di seluruh media dan material. Seperti di materi promosi, website maupun logo.
Mempertahankan Brand Awareness
Proses Pengambilan Keputusan
- Apa yang membuat konsumen membeli produk anda?
- Apakah mereka membeli berdasarkan dorongan dalam diri mereka?
- Apakah mereka membutuhkan waktu lama untuk memutuskan membeli produk anda?
- Sejauh mana jenis produk, harga, dan lingkungan mempengaruhi keputusan pembelian?
- Memahami kebutuhan.
- Mencari informasi.
- Dimana pelanggan potensial mengevaluasi alternatif untuk brand dan produk anda.
- Melibatkan penilaian atas nilai pembelian.
- Melibatkan penilaian atas keputusan pembelian.
Rabu, 09 Oktober 2013
CONTOH POSITIONING
NUTRICIA
WYETH
KESIMPULAN
Source:
http://www.youtube.com/watch?v=XWC858LZWTc
http://www.youtube.com/watch?v=OpwlJHgXQL8
http://www.youtube.com/watch?v=uFHeXkOHr9s
http://www.youtube.com/watch?v=qekZeTtjXxM
http://www.youtube.com/watch?v=_ue2C03u2pc
Fadiah Syarafina | DG3B | Politeknik Negeri Jakarta
Selasa, 01 Oktober 2013
WHAT IS MARKETING MIX?
- Product : Produk yang sesuai untuk memuaskan kebutuhan target konsumen anda.
- Price : Produk yang sesuai ditawarkan dengan harga yang sesuai pula.
- Place : Produk yang sesuai dengan harga sesuai tersedia di tempat yang sesuai untuk dibeli para konsumen anda.
- Promotion : Menginformasikan kepada konsumen yang potensial akan keberadaan dan ketersediaan produk anda, harga, dan tempatnya.
- Customer Value/Nilai Konsumen (bukan produk)
- Customer Costs/Biaya Konsumen (bukan sekedar harga produk itu sendiri)
- Convenience/Fasilitas (bukan tempat)
- Communication (bukan promosi)
PRODUCT
PRICE
- Periode Pembayaran: Lamanya waktu sebelum pembayaran diterima.
- Tunjangan: Pengurangan harga yang diberikan bila seorang pengecer setuju untuk melakukan beberapa kegiatan promosi untuk anda.
- Tunjangan Musiman: Pengurangan yang diberikan ketika pesanan ditempatkan pada suatu musim yang biasanya memiliki volume penjualan rendah untuk menarik pelanggan dalam jangka waktu yang lama
- Paket Produk/Jasa: Menawarkan berbagai macam produk secara bersamaan
- Diskon Dagang (Diskon Fungsional): Pembayaran kepada anggota saluran distribusi untuk melakukan beberapa fungsi, seperti penyimpanan dan menyediakan stock.
- Fleksibilitas Harga: Kemampuan penjual atau reseller memodifikasi harga.
- Perbedaan Harga Antara Kelompok Konsumen: Variasi harga antar target pasar.
- Perbedaan Harga Antar Wilayah Geografis
- Diskon untuk Pembayaran Awal dan Tunai: Kebijakan untuk mempercepat pembayaran sehingga menghasilkan likuiditas.
- Jangka waktu Kredit: Kebijakan yang memungkinkan konsumen untuk membayar di kemudian hari.
PLACE
- Direct Sales: Sebagai produsen, anda harus memutuskan apakah memasok langsung sesuai untuk produk anda, atau apakah itu penjualan melalui ritel, pintu ke pintu, pemesanan melalui surat, e-commerce, di lokasi, atau metode lainnya. Sebuah keuntungan dari penjualan langsung adalah akan ada kontak, pertemuan muka dengan muka. Dengannya anda dapat dengan mudah mendeteksi perubahan pasar yang terjadi dan beradaptasi dengan mereka. Anda juga memiliki kontrol penuh atas jangkauan produk anda, bagaimana itu dijual, dan berapa harganya.
- Reseller Sales: Sebagai pengganti menjual langsung ke konsumen, anda dapat memutuskan untuk menjual melalui perantara seperti grosir atau pengecer yang akan menjual kembali produk anda. Melakukan hal ini dapat memberikan distribusi yang lebih luas daripada menjual langsung, sekaligus mengurangi tekanan ketika mengelola sistem distribusi sendiri. Selain itu, anda juga dapat mengurangi ruang penyimpanan yang diperlukan untuk persediaan. Salah satu alasan yang paling penting untuk menjual melalui perantara adalah akses ke pelanggan. Di banyak situasi, grosir dan pengecer memiliki koneksi pelanggan yang tidak akan mungkin untuk didapatkan oleh anda sendiri.
PROMOTION
- Radio
- Televisi
- Elektronik
- Kepuasan/Pujian dari Pelanggan
KESIMPULAN
Rabu, 18 September 2013
SEGMENTATION
APA ITU SEGMENTASI?
SEGMENTASI PASAR KONSUMEN
SEGMENTASI PASAR BISNIS
SEGMENTASI PASAR INTERNASIONAL
LALU HAL-HAL APA SAJA YANG DIBUTUHKAN UNTUK MEMBENTUK SEGMENTASI YANG EFEKTIF?
MANFAAT SEGMENTASI
- Merancang produk yang responsif untuk memenuhi kebutuhan pasar.
- Menentukan strategi promosi yang efektif dan efisien.
- Mengevaluasi persaingan pasar, khususnya posisi pasar perusahaan.
- Memberikan wawasan tentang strategi pemasaran yang ada.
TARGETING
APA YANG DIMAKSUD DENGAN TARGETING?
EVALUASI SEGMEN PASAR
- Tingkat persaingan
- Produk pengganti
- Kekuatan pembeli
- Pemasok-pemasok yang kuat
MEMILIH SEGMEN TARGET PASAR
- Pemasaran yang tidak dibeda-bedakan (Massa)
- Pemasaran yang dibedakan (Segmentasi)
- Pemasaran yang difokuskan
- Pemasaran mikro (local/individual)
MEMILIH SEBUAH STRATEGI TARGET PEMASARAN
- Sumber daya perusahaan.
- Tingkat keragaman produk.
- Tahapan siklus hidup produk.
- Keragaman pasar.
- Strategi kompetisi pemasaran.
POSITIONING
APA ITU POSITIONING?
Atau, Positioning produk adalah bagaimana produk anda menempati pikiran konsumen dibandingkan dengan produk-produk pesaing anda. Bagaimana para konsumen itu memikirkan brand anda, keuntungan-keuntungan yang dijanjikan, dan keunggulan-keunggulan anda dibanding kompetitor anda. Ini adalah bagaimana anda berencana untuk bersaing di pasar. Ini adalah alasan kenapa konsumen harus membeli produk anda, dan bukan kompetitor anda.
Menurut Fanggidae (2006), Positioning adalah suatu strategi dalam kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan perbedaan (differents), keuntungan (advantages), manfaat (benefit) yang membuat konsumen selalu ingat dengan suatu produk.
Dan menurut Philip Kotler, Kartajaya, Huan dan Liu (2003), positioning adalah ”the strategy for leading your cutomers credibly” yaitu suatu strategi untuk membangun kepercayaan dan keyakinan konsumen. Positioning adalah mengenai bagaimana perusahaan mendapatkan kepercayaan pelanggan yang pada akhirnya dengan sukarela akan mengikuti perusahaan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Positioning adalah:
- Sebuah tempat dimana produk anda menempati pikiran konsumen dibanding dengan produk pesaing.
- Biasanya ditetapkan oleh konsumen berdasarkan dari ciri-ciri yang penting (khas).
- Meliputi penanaman manfaat-manfaat serta perbedaan yang unik dari brand anda dalam pikiran konsumen.
MENENTUKAN POSITIONING
- Lebih untuk Lebih banyak
- Lebih untuk Sama banyak
- Lebih untuk Sedikit
- Sama banyak untuk Sedikit
- Sedikit untuk Lebih Sedikit
MEMBANGUN SEBUAH STRATEGI POSITIONING
BAGAIMANA MENGKOMUNIKASIKAN POSITIONING?
KESIMPULAN
PERHATIAN!!!
Search
Blog Archive
Labels
- Handmade (19)
- Lessons (7)
- Logo (2)
- Tutorial Desain (4)
Popular Posts
-
Bakpia Raden adalah sebuah perusahaan bakpia di DIY yang sudah ada sejak abad ke 19. Tidak seperti bakpia lainnya, Bakpia Raden selalu beru...